Jokowi Wudhu di Masjid Babul Jannah NTT Tanpa Gulung Celana Jadi Gunjingan Netizen

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM — Sebuah potongan video saat Presiden Jokowi tengah melakukan wudhu sebelum melaksanakan salat Jumat di Masjid Babul Jannah Nusa Tenggara Timur ramai diperbincangkan netizen atau warganet. Pasalnya, saat Presiden Jokowi mengambil air wudhu, dirinya tidak menggulung celana hitam yang dipakainya. Berbeda dengan, seorang pria di sebelahnya diduga Kepala Sekretariat Kabinet Pramono Anung yang tampak menggulung celananya sebelum wudhu.

“JAe mampir jumatan dalam kunjungan ke NTT pantau bencana alam . Berwudhu, tetapi lupa diberitahu kalau celananya, digulung terlebih dahulu,” tulis akun twitter @chakrawidjayas1 Senin (12/4/2021) yang jika dilihat dari beberapa cuitannya memang tidak suka dengan Jokowi.

@KautsarMachfud: Sudah otomatis bagi seseorang laki2 yg akn mw berwudhu dan sdg memakai celana pjg…pastinya akn digulung terlebih dahulu..kecuali bagi laki2 yg jarang/tdk pernah berwudhu dan sholat mk hal itu tdk dilakuknnya krn memang tdk pernah mlakuknnya.

@Pierowae96: Fardhu (rukun) wudhu ada 6, yaitu: [1] niat, [2] membasuh wajah, [3] membasuh dua tangan hingga siku, [4] mengusap sebagian kepala, [5] membasuh dua kaki hingga mata-kaki, dan [6] tertib (berurutan). Jika Wudhu nya salah atau tidak sempurna maka SIA SIA lah..

@RahmatG81792052: Yg biasa wudhu jika pake baju lengan panjang dan celana panjang…..
Setau saya….
1. Celana digulung/dinaikkkan dulu
2. Baju lengan panjang digulung dulu
3. Baru persiapan depan air wudhu
Tanpa 2 poin diatas….aneh aj

@Arieffocus: Orang kalo setiap mau wudhu, sebelum nyentuh air pasti angkat kain sarung/ celana dulu dan baju digulung kalo memakai lengan panjang.

Presiden Jokowi sendiri melalui akun twitternya @jokowi mengunggah foto saat berwudhu tersebut. Tampak jarak Jokowi dengan air wudhu saat membasuh kedua tangannya sedikit jauh dan air yang digunakan untuk wudhunya juga sepertinya aliran airnya kecil. Dan terlihat airnya mengalir jatuh ke rumput liar yang ada di bawahnya sehingga tidak terlalu banyak percikan air.

Desa Amakaka di Lembata, NTT baru saja diterjang banjir bandang yang menimbulkan korban jiwa dan kerusakan harta benda milik warga. Di desa inilah, saya bersama menteri, Kepala BNPB dan Kepala Basarnas singgah menunaikan salat Jumat, di sela peninjauan ke lokasi bencana,” tulis Jokowi saat itu.

Diketahui, pada Jumat (9/4/2021), usai melakukan peninjauan lokasi terdampak bencana di Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Presiden menunaikan salat Jumat bersama rombongan dan warga sekitar. Kali ini Presiden salat Jumat di Masjid Babul Jannah yang berlokasi di desa yang sama.

Setibanya di Masjid Babul Jannah, Presiden langsung mengambil wudu dari tempat penampungan air. Setelah itu, Presiden tampak menjalankan salat sunnah terlebih dahulu sebelum mengikuti salat Jumat berjemaah.

Usai salat Jumat berjemaah, Presiden kemudian menjadi imam salat jamak asar. [ind]

Sumber: Indopolitika.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *